SEJARAH FPIPSKR

Sejarah FPIPSKR sebagai salah satu dari 7 fakultas di Universitas PGRI Seamarang. Didorong dengan rasa ikut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai salah satu wujud dukungan terhadap semangat perjuangan PGRI, khususnya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan serta mutu guru di Jawa Tengah, Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah mendirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Jawa Tengah. Dengan demikian, IKIP PGRI adalah bagian yang tidak terpisahkan dari PGRI Jawa Tengah dalam melaksanakan, memperjuangkan, mencapai visi-misi, tujuan dan program PGRI.

Sebagai langkah pertama pendirian IKIP PGRI di Jawa Tengah didirikanlah Yasayan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PT PGRI Jawa Tengah dengan Akte Notaris Hadi Wibisono, S.H. Nomor 52 tanggal 13 Juli 1981.

Pada Awal berdirinya IKIP PGRI Jawa Tengah membuka 3 Fakultas, yaitu :

1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)

2. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan jurusan Civic Hukum.

3. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan jurusan Pendidikan Olahraga

Rektor IKIP Jawa Tengah yang pertama adalah Drs. Thomas Sabar Adiutomo.

Pada tanggal 29 Agustus 1984 melalui Surat Keputusan Mendikbud Nomor 0395/0/1984 memperoleh Status Terdaftar. Pada saat itu sekaligus ditetapkan perubahan bentuk dari Universitas PGRI Jawa Tengah menjadi STKIP PGRI Jawa Tengah yang diijinkan menyelenggarakan Program Diploma 3 (D3) dengan dua jurusan yakni: Civic Hukum dan PPB.

Pada saat Ketua STKIP PGRI Jawa Tengah dijabat oleh Taruna, S.H., sebagai pimpinan kedua, melalui Surat Kopertis Wilayah IV Nomor: 143/K/14/Kop.VI/VI/1987 tanggal 12 Juni 1987, STKIP PGRI Jawa Tengah memperoleh Persetujuan Sementara pembukaan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahsa Inggris, dan Pendidikan Matematika. Kemudian ketiga program studi tersebut melalui Surat Keputusan Mendikbud RI No.088/0/1989 mendapatkan Status Terdaftar. Dengan demikian, STKIP PGRI Jawa Tengah memiliki 5 jurusan yang telah berstatus terdaftar.

Melalui SK Mendikbud RI No.088/0/1990 tertanggal 5 Februaru 1990 STKIP PGRI Jawa Tengah berubah bentuk menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Semarang, dengan 4 Fakultas dan 5 jurusan, yaitu:

a. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)

b. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), dengan jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-KN)

c. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), dengan jurusan Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

d. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), dengan jurusan Pendidikan Matematika.

Pada tahun 1992, 5 jurusan mendapatkan status diakui yakni PPB, PMP-KN, PBSI, PBI, dan Pendidikan Matematika. Pada tahun 1993 sampai 1997, Rektor dijabat oleh Prof. Drs. Satmoko, IKIP PGRI Semarang terus mengalami perkembangan, khususnya di bidang akademik. Di bawah kepemimpinannya, diupayakan pembenahan administrasi umum akademik serta pembinaan kualitas akademik antara lain merintis penugasan dosen untuk studi lanjut dan peningkatkan aktivitas penelitian.

Tahun 1997 sampai 2001 Rektor dijabat oleh Prof. Drs. Sugijono, M.Sc. Pada masa kepemimpinannya 6 program studi memperoleh akreditasi dari BAN-PT. Pada tahun 1998, program studi PMP-KN memperoleh status terakreditasi melalui SK BAN PT Depdiknas Nomor 002/BAN-PT/AK-II/XII/1998. Pada tahun 2002 memperoleh status akreditasi B melalui SK BAN-PT Depdiknas Nomor 002/BAN-PT/AK-V/S1/III/2002.

Pada tahun 2005 yang dalam masa jabatan Drs. Sulistiyo, M.Pd. sebagai Rektor IKIP PGRI Semarang dicanangkan sebagai Periode Mutu. Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mengharuskan melakukan penjamin mutu pada Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2006 mulai ditetapkan Standar Mutu IKIP PGRI Semarang dan secara bertahap mulai diimplementasikan. Untuk melaksanakan tujuan itu telah dibentuk Badan Penjamin Mutu IKIP PGRI Semarang.

Pada tahun 2007, Program Studi PPKn melalui SK BAN-PT Depdiknas Nomor 016/BAN-PT/Ak-X/s1/VII/2007 memperoleh akreditasi B. Sejak tanggal 18 Agustus 2009 Rektor IKIP adalah Muhdi, S.H., M.Hum. Mulai tahun 2009 IKIP PGRI Semarang ditunjuk sebagai induk penyelenggara Sertifikasi Guru dalam Jabatan Rayon 39 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor 022/P/2009. Pada tahun 2013, melalui Keputusan BAN-PT No. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013 Prodi PPKn FPIPS dinyatakan terakreditasi dengan peringkat B. Pada tanggal 12 April 2013, FPIPS UPGRIS bertambah satu program studi yaitu Pendidikan Ekonomi dengan SK Mendikbud RI Nomor104/E/O/2013.

Pada tahun 2014, sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 143/P/2014 tanggal 17 April 2014 IKIP PGRI Semarang dan ATS bergabung menjadi Universitas PGRI Semarang. Bersamaan dengan itu, FPIPS bertambah satu program studi, yaitu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Pada tahun 2014, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *