Tentang Fakultas

Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan  Keolahragaan (FPIPSKR) Universitas PGRI Semarang saat ini,  merupakan perubahan nama dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) yang didirikan pertama kali sebagai bagian dari berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jawa Tengah pada tahun 1981

Dalam sejarahnya, didorong oleh rasa ikut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai salah satu wujud dukungan terhadap semangat perjuangan PGRI, khususnya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan serta mutu guru di Jawa Tengah, Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah mendirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Jawa Tengah. Dengan demikian, IKIP PGRI adalah bagian yang tidak terpisahkan dari PGRI Jawa Tengah dalam melaksanakan, memperjuangkan, mencapai visi-misi, tujuan dan program PGRI.

Pada Awal berdirinya IKIP PGRI Jawa Tengah membuka 3 Fakultas, yaitu :

1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)

2. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan jurusan Civic Hukum.

3. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan jurusan Pendidikan Olahraga

Melalui SK Mendikbud RI No.088/0/1990 tertanggal 5 Februaru 1990 STKIP PGRI Jawa Tengah setelah sebelumnya berbentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kependidikan, berubah bentuk menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Semarang, dengan 4 Fakultas dan 5 jurusan, yaitu:

a. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)

b. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), dengan jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-KN)

c. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), dengan jurusan Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

d. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), dengan jurusan Pendidikan Matematika.

Pada tahun 2007, Program Studi PPKn melalui SK BAN-PT Depdiknas Nomor 016/BAN-PT/Ak-X/s1/VII/2007 memperoleh akreditasi B.  Pada tahun 2013, melalui Keputusan BAN-PT No. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013 Prodi PPKn FPIPS dinyatakan terakreditasi dengan peringkat B, serta pada Akreditasi BAN PT Tahun 2017 melalui SK Ban PT tanggal 27 Desember 2017 dengan peringkat Akreditasi A.

Pada tanggal 12 April 2013, FPIPS UPGRIS memiliki tambahan satu program studi yaitu Pendidikan Ekonomi dengan SK Mendikbud RI Nomor104/E/O/2013. Pada tahun 2014, sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 143/P/2014 tanggal 17 April 2014 IKIP PGRI Semarang dan ATS bergabung menjadi Universitas PGRI Semarang. Bersamaan dengan itu, FPIPS memiliki tambahan  satu program studi lagi, yaitu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Pada tahun 2014, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, hingga saat ini.