SUKSES! Hari Pahlawan Nasional, Civitas Academica FPIPSKR Diajak Tumbuhkan Spirit Perjuangan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Momen Hari Pahlawan Nasional dimaknai para akademisi untuk menumbuhkan spirit perjuangan.

Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan (FKIPSKR) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr. Agus Sutono S.Fil., M.Phil mengemukakan, semangat dan nilai perjuangan itu harus hadir di dalam aktivitas akademik.

“Hal ini untuk menghargai apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu kita. Dalam lingkup lebih luas tentu bangsa dan negara,” kata Agus usai menutup serangkaian kegiatan Pekan Pahlawan ke-VIII Tahun 2023 di kampus tersebut, Jumat 10 November 2023.

Adapun dalam lingkup yang lebih kecil, ia mengajak para akademisi di lingkungan UPGRIS untuk memaknai sejarah dari institusi ini.

“Bagaimana insitusi ini dibangun dari hal-hal yang sederhana sampai tumbuh dan berkembang menjadi universitas seperti sekarang ini. Lebih khususnya FKIPSKR,” ujarnya.

Adapun bagi mahasiswa, perlu menumbuhkan semangat rela berkorban bagi orang lain. Hal itu dianggap bisa menjadi nilai dasar bagi seorang mahasiswa.

“Nilai perjuangan itu disertai dengan disiplin diri, kemudian pantang menyerah dan tidak mudah menyerah. Saya kira itu nilai-nilai yang harus diwarisi oleh para mahasiswa,” sebutnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan agenda tahunan FKIPSKR setiap November. Dilaksanakan untuk memperingati hari pahlawan serta mengingatkan perjuangan mereka.

Momen ini sekaligus memberikan apresiasi kepada sejumlah dosen berprestasi maupun dosen dengan kategori favorit.

Fakultas juga memberikan apresiasi kepada para tenaga kebersihan serta pemenang dari sejumlah kegiatan yang diperlombakan.